Home » » Robot Mulai Gantikan Pekerjaan Manusia di Indonesia

Robot Mulai Gantikan Pekerjaan Manusia di Indonesia

Posted by SMK NEGERI 1 BETARA on Rabu, 10 Desember 2014

Penggunaan robot di sebuah perusahaan tampaknya semakin meningkat. Salah satu perusahaan yang menggunakannya adalah Omron Indonesia.
Omron Indonesia yang bertempat di Cikarang sudah menggunakan robot dalam pengerjaan produksinya. Gear Assy merupakan sebuah robot yang membantu proses pembuatan assembly.
Robot ini bertugas memasukkan gear-gear ke cetakan dalam waktu sekira satu menit, lebih cepat dibanding menggunakan operator.
Gear Assy dilengkapi dengan kamera dan dua cermin di bawahnya sebagai pengecekan apakah gear yang dipasang sudah sesuai dengan case atau cetakan.
Robot ini juga sudah terintegrasi dengan mesin lainnya. Melalui sebuah server, semua pekerjaan robot dapat terkontrol.
Hebatnya lagi, meskipun masih sebuah prototipe, Assy bisa memasang gear dalam tiga tipe: putih, hitam, dan hitam-putih. Sebenarnya, Assy dapat melakukan segala tipe.
"Dengan menggunakan mesin otomasi tersebut dapat mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh operator," ujar Presiden Direktur Omron Manufacturing of Indonesia, Irawan Santoso, di Cikarang, Rabu (10/12/2014).
Karena sebagian besar sudah menggunakan robot, maka manusia (SDM) yang ada, akan dialokasikan untuk mengerjakan pekerjaan yang lain, lebih pada skill ketimbang fisik. "Saat ini secara keseluruhan sudah 20 persen lebih menggunakan robot," jelasnya.
Robot Ping-Pong
Bukan itu saja, perusahaan Omron juga memproduksi robot-robot yang dapat dimangfaatkan untuk berbagai kegiatan. Salah satunya adalah robot sebagai teman bermain tenis meja.
Seperti namanya, Robot Ping–Pong memiliki fungsi yang dapat menemani manusia untuk bermain ping-pong, bahkan bisa sekaligus sebagai teman lawan tanding. Dalam sebuah pertunjukan yang diperlihatkan, Robot ini mampu membaca gerak-gerik lawannya dengan membaca arah bola.
Robot Ping-Pong sendiri, bekerja dengan menggunakan sensor array untuk menentukan tindakan selanjutnya, dan memastikan menjatuhkan bola di area lawan. Meski sayangnya, system bermainnya tidak sebagus seperti permainan yang dilakukan manusia, karena Robot ini sendiri bermain dengan mudah yang lebih cocok untuk melatih pemain baru.
Robot yang dikembangkan Omron ini sendiri, bekerja dengan mengenali gerakan lawan melalui sebuah system Image 3D Processing yang memungkinkan memindahkan bola yang diberikan lawan, dengan kecepatan yang sama. Sehingga, Bat (pemukul bola ping-pong) Robot akan bekerja dengan proyeksi otomatis dan presisi untuk mengembalikan bola tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar

.comment-content a {display: none;}